Resep Membuat Daging Teriyaki Paprika Ala Hokben Lezat

Resep Daging Teriyaki Paprika salah satu olahan daging sapi yang terkenal lezat dan banyak disediakan di kedai atau restoran yakni daging teriyaki. Masakan teriyaki sejatinya berasal dari negeri sakura, Jepang namun penggunaannya di sana lebih kepada memasak seafood dari pada daging, selain dari segi rasa daging teriyaki patut diperhitungkan karena nilai gizi dari daging sapi itu sendiri yang sangat bermanfaat sebagai upaya pemenuhan gizi sehari-hari.

Meski tak lebih populer dari soto sapi, rendang sapi lada hitam atau olahan daging sapi terkenal lainnya namun anda sesekali bisa memilih menu ini sebagai selingan menu keluarga agar tidak jenuh. Lagi pula, bahan serta proses membuat menu ini tidaklah rumit dan begitu sederhana. Langsung saja berikut panduan memasaknya untuk anda coba di rumah.

resep daging teriyaki

Resep Daging Teriyaki Paprika

Bahan :

  • Daging sapi segar kurang lebih 600 gr. Pilihlah bagian daging yang punya kandungan lemak sedikit, misalkan daging sapi has dalam atau luar, gandik dan tanjung.
  • 2 butir bawang bombay berukuran sedang. Kupas dan iris lebar per bagian.
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar.
  • Paprika merah dan hijau masing-masing ½ buah. Cuci bersih dan potong memanjang
  • 6 buah cabai hijau besar, buang bijinya kemudian cincang memanjang. Banyaknya cabai bisa disesuaikan sesuai tingkat kepedasan yang anda inginkan.
  • 4 cm jahe, cuci bersih lalu memarkan.
  • 8 sendok makan kecap teriyaki, dikarenakan dalam daging sapi teriyaki kecap ini memegang peranan yang penting maka pilihlah yang berkualitas bagus supaya masakan bisa lezat sempurna.
  • ½ sendok teh garam dapur dan gula pasir secukupnya saja sebagai penyeimbang rasa.
  • ½ sendok teh lada bubuk, bisa dihilangkan jika tak suka pedas.
  • 2 sendok makan minyak goreng.
  • Air bersih secukupnya.

Cara membuat daging teriyaki

  1. Mula-mula olah dagingnya terlebih dahulu. Didihkan air dalam panci, gunakan untuk merebus daging sapi sampai setengah matang, pada proses ini air rebusan akan
    berbusa ini tandanya kotoran pada daging sapi sedang dikeluarkan. Setelah setengah matang angkat dan buang air rebusan.
  2. Selanjutnya didihkan lagi air yang baru, dan rebus kembali daging sapi sampai matang dan berubah empuk teksturnya. Tips bila anda ingin daging sapi cepat empuk yakni sebelumnya direndam dengan air perasanbuah nanas terlebih dahulu. Setelahnya daging dipotong-potong dadu, sisihkan.
  3. Tahap berikutnya panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay, bawang putih, paprika, jahe serta cabai di atas api kecil hingga tercium aroma harumnya.
  4. Tambahkan daging sapi yang sudah dipotong sebelumnya dalam tumisan bumbu. Aduk sampai bumbu dan daging tercampur merata.
  5. Selanjutnya tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk, beserta saus teriyakinya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata lalutuangkan air bersih ke dalamnya kira-kira ½ liter, aduk sebentar dan biarkan bumbunya meresap ke dalam daging. Jangan ragu untuk mencicip guna memastikan bahwa rasanya sudah pas di lidah, angkat dan sajikan.

Sebelumnya juga : resep daging sapi lada hitam

Cocok disajikan bersama nasi putih yang masih hangat, untuk menambah nilai gizinya anda boleh menyertakan wortel, kentang, serta brokoli rebus sewaktu menghidangkannya. Sangat banyak aneka resep daging teriyaki dengan bahan bumbu lainnya, akan kita ulas kembali di lain kesempatan.