Resep Garang Asem Daging Ayam Kudus Solo Yang Enak

Resep garang asem anda masyarakat jawa tengah tentu tak asing lagi dengan kuliner garang asem.Menu olahan daging ayam yang memadukan rasa bumbu kompleks mulai dari gurihnya santan, asamnya belimbing wuluh dan pedasnya cabai ini mampu memanjakan lidah.Karena rasanya yang pedas garang asem sangat cocok bagi anda pecinta kuliner pedas. Sebenarnya garang asem ada dua jenis, yakni garang asem yang berkuah dan garang asem tidak berkuah seperti pada ulasan yang akan dibahas di bawah ini.

Meskipun makanan ini banyak dijual di daerah Jateng, namun bagi anda yang bermukim diluar daerah asalnya pun akan tetap bisa membuat resep garang asem kuah bening sendiri untuk disantap bersama keluarga. Tak perlu risau bila anggota keluarga tak begitu suka pedas, sebab meski terkenal pedas namun banyaknya cabai bisa disesuaikan.

resep garang asem

Resep Garang Asem Enak

Info bahan-bahannya

  • 1 ekor ayam segar, boleh ayam potong atau ayam kampung. Cuci sampai bersih kemudian potong jadi 20-25 bagian.
  • 5 sendok teh garam dapur dan 2 sendok makan gula merah, sesuaikan dengan selera
  • 200 gr belimbing wuluh, potong-potong.
  • 2 batang daun bawang, iris tipis.
  • 20 buah cabai rawit atau sesuai selera, biarkan utuh.
  • 5 buah cabai hijau besar, iris miring.
  • 3 lembar daun salam dan 2 batang serai.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 butir kelapa ukuran besar diambil santannya sebanyak 1 liter.
  • Daun kemangi seperlunya saja.
  • Selembar daun pisang sebagai pembungkus garang asem, bersihkan dulu dengan lap bersih dan beberapa potong lidi/ tusuk gigi.

Bumbu yang Dihaluskan

5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 4 butir kemiri (disangrai dulu), 1 sendok makan bubuk ketumbar, 1 cm rimpang kunyit, 2 cm kencur, serta 2 cm jahe. Semua bahan ini dihaluskan jadi satu sebelum diolah ke tahap selanjutnya. Setelah semua bahan dan bumbu tersedia selanjutnya masuk dalam tahap pembuatan garang asem.

Resep Cara Membuat Garang Asem

  1. Mula-mula masukkan potongan daging ayam yang telah dicuci bersih dalam satu wadah yang cukup besar bersama dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit dan bumbu lainnya yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk sebentar kemudian taburkan garam halus dan gula merah, aduk kembali sabil diremas-remas.
  2. Tindakan ini berguna agar bumbu lebih mudah meresap ke dalam daging, namun perlu diperhatikan jangan terlalu keras dalam meremasnya sebab daging justru bisa rusak. Biarkan selama setengah jam dalam wadah.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan dengan api sedang dan masukkan ayam yang sudah dibumbui tadi bersama santan dan bahan lainnya kecuali kemangi. Aduk perlahan dan masak sampai dagingnya empuk.
  4. Siapkan daun pisang, taruh kemangi diatasnya kemudian tuangkan daging ayam yang sudah dimasak tadi bersama sedikit kuah santan, bungkus daun pisang dengan rapi, kemudian di kedua ujungnya ditusuk menggunakan lidi.
  5. Terakhir adalah mengukus garang asem ini di atas api sedang selama 45 menit sampai matang. Angkat dan sajikan.

Sebenarnya kreasi resep garang asem tanpa santan juga bisa dan hidangkanlah selagi hangat bersama nasi putih. Hidangan ini tak memerlukan lagi sambal karena rasaya juga sudah pedas. Semoga bermanfaat.

Masakan dengan olahan ayam lainnya resep dimsum ayam.