Resep Dimsum Ayam Enak Pakai Ceker dan Sederhana

Resep dimsum ayam pasti tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, namun belum banyak yang mengetahui tentang dimsum, meski sebenarnya siomay dan makanan ini hampir sama. Makanan khas Korea dan Jepang, dimsum mulanya hanya restoran besar saja yang menyediakannya, itu pun dengan harga yang relatif mahal. Sekarang ini dimsum semakin booming dan banyak dijual oleh pedagang di luar restoran dengan harga lebih murah. Namun begitu tetap saja dimsum tak bisa ditemui semudah siomay karena makanan ini kurang populer.

Anda bisa mencoba membuat resep dimsum halal berikut ini di rumah.Sebab selain bahannya mudah didapat dimsum ini tergolong makanan sehat karena gizi yang ada di dalamnya. Untuk bahan dimsum, isiannya bisa diganti sesuai selera dan tak harus ayam, misalnya diganti ikan atau udang.

resep dimsum

Resep Dimsum Enak

Info bahan-bahannya

  • 225 gr fillet paha ayam tanpa kulit, pilih daging yang masih segar kemudian cuci bersih kemudian cincang halus daging.
  • 150 gram tepung sagu kualitas bagus.
  • 75 gram parutan wortel segar.
  • 25 atau lebih kulit siomay siap olah. Anda bisa mendapatkannya di pusat perbelanjaan
  • 2 batang daun bawang, cuci bersih lalu dicincang halus.
  • 3 siung bawang putih lokal, kupas dan haluskan. Bawang lokal dipilih karena aromanya lebih kuat.
  • ¾ sendok teh merica bubuk, bila tidak suka pedas boleh dikurangi jumlahnya.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • ¾ sendok makan garam dapur beryodium.
  • 1 ½ sendok makan kecap ikan yang berkualitas.
  • 1 ½ sendok makan minyak wijen.
  • 50 mili liter air es.
  • Untuk mengukus siapkan daun pisang, lap hingga bersih, atau bisa juga gunakan kertas roti untuk lebih praktisnya.

Resep Cara Membuat Dimsum

  1. Mula-mula buatlah isian dimsumnya terlebih dahulu, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan isinya. Campurkan daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, serta merica dalam wadah, campur dan aduk menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Selanjutnya tuangkan kecap ikan serta minyak wijen ke alam adonan, uleni lagi hingga tak ada adonan yang menggumpal. Sedikit demi sedikit tuangkan air es sambil terus diuleni.
  3. Terakhir dalam membuat isian dimsum adalah menambahkan tepung sagu dan uleni lagi hingga adonan elastis/kalis.
  4. Tahap selanjutnya isikan adonan tadi dalam kulit siomay, caranya ambil satu kulit siomay dan taruh adonan diatasnya, ujung kulit kemudian dilipat dan rekatkan dengan diolesi sedikit air lalu taburi wortel halus yang sudah diparut di atas dimsum, inilah yang membuat dimsum berwarna oranye pada bagian atasnya. Ulangi langkah tadi sampai adonan habis.
  5. Sekarang rebus air dengan panci kukusan, potonglah daun pisang jadi beberapa bagian lalu olesi minyak di permukaan atasnya supaya dimsum tidak lengket dengan daun pisang. Taruh daun ini didalam panci.
  6. Susun dimsum yang telah dibentuk sebelumnya di atas daun pisang tadi, lalu kukus sampai matang di atas api sedang selama 15-18 menit. Angkat, dan dimsum lezat pun siap disajikan.

Susunlah dan ditata dalam piring saji untuk dihidangkan selagi hangat bersama mayonaise, saus sambal atau saus lainnya sesuai selera. Semoga kreasi resep dimsum ncc di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *