Cara Membuat Resep Cireng Bandung Crispy Enak Tanpa Isi

Resep Cireng Bandung Tanpa Isi Dengan Bumbu Kacang Enak. Aci digoreng atau disingkat cireng merupakan jajanan khas Bandung yang banyak digemari masyarakat. Kuliner yang melibatkan tepung aci ini punya tekstur kenyal hampir seperti cimol hanya saja ia lebih renyah dan gurih apalagi bila disantap bersama saus kacang. Makanan khas sunda ini memang sudah sangat terkenal bahkan saat ini resep cireng rujak makin banyak di pelajari banyak orang.

Memang kini cireng telah bayak dikembangkan menjadi yang lebih modern dengan diisi berbagai rasa. Yang ingin belajar bikin cireng versi original itu cukup gampang, jika sudah mahir maka bisa memvariasikan sendiri cireng dengan isian lainnya. Namun bagi anda yang menyukai cireng asli yang di cocol saus kacang. Berikut resep cireng sederhana untuk anda praktikkan di rumah :

Cara Membuat dan Resep Cireng

Cara Membuat dan Resep Cireng Bandung
Cara Membuat dan Resep Cireng Bandung

Bahan Cireng :

  • 250 gr tepung tapioka, pilih yang berkualitas tepungnya yakni bersih dan tidak bau. Di masyarakat tepung ini dikenal juga dengan nama tepung aci atau tepung kanji.
  • 1 sendok makan tepung terigu berkualitas baik.
  • 4 siung bawang putih lokal ukuran sedang, bawang putih lokal dipilih karena aromanya lebih menyengat dibanding bawang impor, haluskan.
  • ¼ sendok teh merica bubuk.
  • 2 batang daun bawang dan daun seledri, cicang halus.
  • 200 ml santan kelapa segar. Kalau terpaksanya tidak ada boleh menggunakan santan instan.
  • 1-4 sendok teh garam dan penyedap rasa, jumlahnya boleh ditambah bila dirasa perlu.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu dan menggoreng adonan cireng yang sudah siap.

Bahan Sambal Kacang :

  • 3 sdm kacang tanah, disangrai
  • 10 buah cabai rawit merah, atau sesuai selera anda
  • 100 gr gula merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • ¼ sendok teh garam dapur
  • Air hangat secukupnya untuk megencerkan sambal kacang

Setelah semua bahan tersedia sekarang kita menuju ke cara pembuatan resep cireng renyah, ada dua tahapan pembuatan di sini yakni pembuatan cireng dan sambal untuk pelengkap hidangannya.

Cara membuat cireng

  1. Mula-mula tepung aci dan terigu dicampur dalam wadah yang bersih. Aduk merata menggunakan spatula hingga tercampur merata.
  2. Selanjutnya panaskan minyak di atas api sedang untuk menumis bawang putih serta merica yang telah dihaluskan sebelumnya sampai tercium aroma harum.
  3. Berikutnya tuangkan santan kelapa ke dalam tumisan tadi dan tambahkan garam dapur. Rebus sampai santan mendidih sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah.
  4. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin baru dituang sedikit demi sedikit ke wadah tepung aci dan terigu tadi. Uleni menggunakan tangan sampai adonan tercampur rata lalu tambahkan daun bawang dan seledri, uleni kembali hingga adonan kalis.
  5. Ambil adonan dan bentuk menjadi bulatan kemudian pipihkan. Sebaiknya jangan membentuk adonan terlalu tebal supaya ketika goreng bisa matang sempurna, renyah dan empuk teksturnya.
  6. Yang terakhir adalah panaskan minyak untuk menggoreng aci, gunakanlah api kecil supaya cireng tak gosong sebelum matangnya merata. Angkat, tiriskan.

Cara Membuat Sambal Kacang :
Tak lengkap rasanya makan cireng tanpa sambal kacang, karenanya setelah cireng siap anda bisa memulai membuat sambal kacangnya. Caranya sangat mudah, cabai rawit, garam dan kacang tanah diuleg sampai halus, kemudian tambahkan gula merah bersama air asam, dan uleg kembali. Tuangkan air hangat untuk mengencerkan sambal dan masukkan dalam mangkuk kecil dalam menghidangkannya.

Makanan lainnya yang juga dari bandung

Kini resep cireng enak sudah selesai, untuk menyajikannya susun cireng dalam piring saji, bersama mangkuk saus kacang tadi untuk dicocol. Semoga bermanfaat.